Artikel Induktif

Sistem Perekonomian di Indonesia

Seperti yang dijelaskan oleh sumber bahwa perekonomian Indonesia telah berubah 3 kali. Mulai dari masa kemerdekaan hingga saat ini. Oleh karena itu kita akan membahas tentang apa saja sistem perekonomian yang ada di Indonesia.

Sistem ini mempunyai prinsip bahwa sang pemilik modal akan selalu bertambah kekayaannya sehingga pepatah yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin terdapat dalam sistem ini. Sistem ini juga disebut sistem liberal dimana sistemnya mempunya kebebasan dari kontrol Negara yang memungkinkan pemilik modal tidak diatur oleh pemerintah. Sistem yang dimaksud adalah sistem Kapitalis.

Setelah sekian lama Indonesia menganut sisitem ini 9 tahun akhirnya Indonesia merasa kurang baik menggunakan sistem ini ditambah lagi munculnya PKI yang membuat Indonesia mengganti sistem perekonomiannya. Sistem yang baru yang sering juga di sebut sistem etatisme dimana sistem ini pemerintah mengambil alih kontrol perekonomian yang menjadi kebalikan dari sistem kapitalis yang pemerintah kurang mengontol perekonomian. Sistem perekonomian yang perekonomiannya diatur rapi oleh Negara ini disebut sistem Sosialis.

Indonesiapun merasa tidak cocok menggunakan sistem sosialis ini dimana sistem ini bertahan 7 tahun yang membuat Negara ini mengganti lagi sistem perekonomiannya. Sistem ini merupakan gabungan dari sistem-sitem terdahulu yaitu sistem Kapitalis dan Sistem Sosialis yang mengambil sifat-sifat positif dari masing-masing sistem.Sistem ini menjadi sistem yang digunakan oleh bangsa Indonesia saat ini dan menjadi sistem perekonomian yang sangat cocok untuk bangsa Indonesia. Sistem ini tidak membuat seseorang terlalu bebas dan terkekang oleh Negara sehingga siapa saja yang mempunyai modal dapat mengembangkan dan memajukan usahanya dimana sistem ini adalah sistem perekonomian Pancasila.


0 komentar: