Artikel Deduktif

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi barang dan jasa dimana setiap Negara memiliki ekonominya masing-masing termasuk Indonesia. Di Indonesia ekonomi sudah mulai meningkat sering tahun walaupun adakalanya terjadi krisis ini disebut dengan Pertumbuhan Ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi seperti yang dikatakan oleh sumber “diartikan sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.” Pertumbuhan ekonomi dapat terjadi apabila suatu perekonomian dalam sector produksi dapat berjalan kearah yang lebih baik dari tahun sebelumnya dengan menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi yaitu tingkat pertumbuhan PDB dan PNB.

Dalam perhitungan yang sering digunakan adalah perhitungan PDB dan PNB jarang digunakan dalam perhitungan karena PNB lebih luas perhitungannya dibandingkan PDB. PDB dalam perhitungannya hanya terpaku pada batas wiliayah di Indonesia.

Selain melalui perhitungan pertumbuhan ekonomi juga mempunyai beberapa factor yang mempengaruhi seperti Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Budaya dan Sumber daya Modal.

Pertama factor Sumber Daya Manusia merupakan factor yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sumber daya Manusia menjadi factor yang penting karena merupakan subjek dari perekonomian itu sendiri sehingga jika  Sumber Daya Manusianya baik maka Pertumbuhan Ekonominya pun juga akan berjalan baik.
Kedua factor Sumber Daya Alam yang terdiri dari kekayaan hutan, kekayaan laut, mineral, tambang dan suburnya suatu tanah. Sumber daya Alam dapat menjadi factor penentu dalam pertumbuhan ekonomi jika subjek dari perekonomian yaitu Sumber Daya Manusia dapat menggunakannya dengan baik.

Ketiga factor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi juga dapat memicu laju pertumbuhan ekonomi. Perkembangan yang cepat dari dari ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mengefsiensikan pekerjaan yang awalnya menggunakan tenaga manusia dalam bekerja sekarang diganti menjadi menggunakan mesin.

Keempat factor Budaya, factor Budaya mempunyai dampak yang berbeda dalam pertumbuhan ekonomi dimana Budaya dapat menjadi dorongan atau pun menghambat laju pertumbuhan ekonomi. Budaya yang dapat menjadi dorongan adalah sifat kerja keras, rajin, jujur , pantang menyerah dan lain-lain. Sedangkan yang menghambat laju pertumbuhan ekonomi adalah egois, mudah menyerah, tidak percaya diri dan lain-lain.

Kelima factor Sumber Daya Modal, factor ini  menjadi penentu dalam kelancaran laju pertumbuhan ekonomi selain dari Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam. Dalam Sumber Daya Modal terdiri dari barang-barang Modal yang berharga yang pernting untuk meningkatkan produktivitas dari suatu negara


0 komentar: