SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Sistem Perekonomian di Indonesia

-Paragraf Deduktif

Kita akan membahas tentang sistem perekonomian Indonesia saat ini. Kita tahu bahwa perekonomian Indonesia itu pernah berganti-ganti. Mulai dari masa kemerdekaan hingga saat ini, dimana sistem perkenomian Indonesia pernah berubah sampai tiga kali.

Pertama Sistem perkenomian Indonesia disebut dengan sistem kapitalis, dimana sistem perekonomian kapitalis ini sistem ekonomi yang dikuasai oleh pemilik modal atau orang yang mempunyai keuangan yang lebih, sehingga mereka pemilik modal semakin kaya. Sistem perekonomian ini bebas dari kontrol Negara dan diterapkan sesuai keinginan sang pemilik modal dalam mengatur tanpa diatur oleh pemerintah sedikitpun. Indonesia menerapkan sistem perekonomian ini cukup lama dari tahun 1950 sampai dengan 1959, selama 9 tahun Indonesia menggunakan sistem perekonomian yang kurang memihak terhadap rakyat ini.

Kedua sistem perekonomian Indonesia disebut dengan sistem sosialis atau disebut dengan sistem ekonomi etatisme. Sistem perekonomian social ini membuat semua hal yang berkaitan dengan keuangan dikontrol penuh oleh Negara. Sistem ini membuat perekonomian dikontrol dengan rapi oleh Negara yang berbeda dengan sistem kapitalis.

Kemudian Indonesia mulai menerapkan sistem perekonomian Pancasila. Setelah cukup lama Indonesia menerapkan sistem ekonomi sosialis, Indonesia merasa tidak bagus dan tidak cocok untuk bangsa Indonesia yang kemudian meninggalkannya dan menggantinya

Sistem perekonomian pancasila adalah hasil dari sistem perekonomian sebelumnya yaitu sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosialis. Sistem ekonomi sebelumnya tidaklah terlalu buruk, dimana ada nilai-nila positif masing-masing sistem ekonomi. Sistem ekonomi kapitalis ada nilai positif dan sistem ekonomi sosialis ada nilai positif, sehingga nilai positif dari masing2 sistem ekonomi tersebut di ambil dan disatukan.


Sistem ekonomi Pancasila adalah sistem perekonomian Indonesia saat ini dan sistem ekonomi ini cocok dan sesuai dengan keadaan masyarakat Indonesia, sumber daya manusia dan keadaan bangsa. Karena sistem ini tidak terlalu bebas dan tidak terkekang oleh Negara, sehingga siapapun yang mempunyai modal mereka dapat mengembangkan usahanya ataupun perusahaannya.


-Paragraf Induktif

Kita tahu bahwa perekonomian Indonesia itu pernah berganti-ganti. Mulai dari masa kemerdekaan hingga saat ini, dimana perekonomian Indonesia pernah berubah sampai tiga kali. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang sistem perkonomian Indonesia saat ini.

Sistem yang pertama ini merupakan sistem ekonomi yang dikuasai pemilik modal atau orang mempunyai keuangan yang lebih, sehingga mereka pemilik modal semakin kaya. Sistem perekonomian ini bebas dari kontrol Negara dan diterapkan sesuai keinginan sang pemilik modal dalam mengatur tanpa diatur oleh pemerintah sedikitpun. Indonesia menerapkan sistem perekonomian ini cukup lama dari tahun 1950 sampai dengan 1959, selama 9 tahun Indonesia menggunakan sistem perekonomian yang kurang memihak terhadap rakyat ini. Sistem yang digunakan Indonesia saat itu adalah sistem kapitalis.

Sistem perekonomian kedua ini membuat semua hal yang berkaitan dengan keuangan dikontrol oleh Negara. Sistem ini berbeda dengan sistem kapitalis, dimana sistem ini membuat perekonomian dikontrol dengan rapi oleh Negara. Sistem kedua perekonomian Indonesia disebut dengan sistem sosialis atau disebut dengan sistem ekonomi etatisme.

Setelah cukup lama Indonesia  menerapkan sistem ekonomi sosialis, Indonesia merasa tidak bagus dan tidak cocok untuk bangsa Indonesia yang kemudian meninggalkannya dan menggantinya. Kemudian  Indonesia mulai menerapkan sistem perekonomian Pancasila.

Sistem ekonomi sebelumnya tidaklah buruk, dimana ada nilai-nilai positif dari masing-masing sistem ekonomi. Sistem ekonomi kapitalis ada nilai positif dan sistem ekonomi sosialis ada nilai positif, sehingga nilai positif dari masing-masing sistem ekonomi tersebut diambil dan disatukan. Oleh karena itu, munculah sistem perekonomian pancasila yang merupakan hasil dari perekonomian kapitalis dan sosialis.

Sistem ini tidak terlalu bebas dan tidak terkekang oleh Negara, sehingga siapapun yang mempunyai modal mereka dapat megembangkan usahanya ataupun perusahaannya. Sistem ekonomi ini cocok dan sesuai dengan keadaan masyarakat Indonesia, sumber daya manusia dan keadaan bangsa merupakan sistem ekonomi Pancasila yaitu sistem perekonomian Indonesia saat ini.

1 komentar:

  1. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

    BalasHapus